Syarat mlm halal kesembilan Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus

Setelah membahas syarat MLM halal kedelapan, kita akan bahas syarat MLM halal kesembilan, di sini yang di bahas adalah tidak ada eksploitasi, dimana semua member MLM mendapatkan keuntungan dari usaha masing masing, bukan karena usaha downline

Mengukur ada atau tidaknya eksploitasi dalam pembagian bonus MLM merupakan hal yg tidak mudah, standarnya ini belum ada, tetapi hal ini bisa dipahami dengan mudah, secara umum ada atau tidaknya eksploitasi dapat diketahui dari marketing plannya. Sebagai salah satu tolak ukurnya adalah, jika marketing plannya memberikan peluang kepada setiap member yg mendaftar lebih dalu pasti mendapatkan bonus yg lebih besar, maka ini adalah salah satu bentuk eksploitasi yang dilarang, kemungkinan besar MLM tersebut tidak dapat memenuhi fatwa ini, sehingga belum dapat dikategorikan sebagai jenis MLM Syariah. Dan biasanya model marketing plan binary akan seperti ini. Walau marketing plan non binary tidak menutup kemungkinan untuk melakukan praktek yang sama.

IMG_4927 (sistem binary pasti tidak adil, soalnya dipastikan downline oriented)

MLM yang tidak melakukan eskploitasi antar anggota akan memberikan peluang yang sama kepada setiap member, dan akan memberikan bonus sesuai hasil kerjanya, tidak peduli apakah dia bergabung lebih dahulu ataukah bergabung belakangan. Semua member berpeluang untuk menjadi besar.

Hal ini dapat di wujudkan jika MLM tersebut tidak menitik beratkan hasil utama dari merekrut member baru tetapi, hasil utama dari MLM berasal penjualan produk. Jika produk banyak maka mereka untung banyak, begitu pula sebaliknya. Walaupun jaringan MLM memiliki banyak downline akan percuma jika mereka tidak menjual produk, karena uang hasil rekrutment memang tergolong kecil. Dengan begitu, kapanpun anda bergabung kesempatan untung tetap ada.

IMG_4907

Nah, lantas apakah kita harus langsung percaya jika ada mlm yang menawarkan bisnis dengan mengatakan kalau siapa saja bisa untung dan sukses? Jawabnya tidak, karena sebenarnya mlm manapun saat mempresentasikan bisnisnya, baik yang busuk atau yang tidak, medeka akan mengatakan kalau bisnis mereka memberikan kesempatan yang sama, jadi untuk mengetahuinya anda harus pahami dulu, apakah bisnis di mlm tersebut mengedepankan rekrutmen atau penjualan produk? Bisa anda lihat di marketing plan, jika anda mendapati bonus rekrutment lebih banyak, maka percayalah dimanapun anda tidak akan bisa menyaingi leader leader mlm diatas. Ingat MLM ini adalah bisnis,yang di utamakan dalam bisnis ya marketing bukan recruitment.

7 pemikiran pada “Syarat mlm halal kesembilan Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus

  1. Ping balik: Syarat mlm halal kesepuluh pengrekrutan anggota, acara seremonial, dan reward mlm tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan agama | jildhuz

Berikan Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s