Syarat mlm halal poin kedelapan komisi kepada anggota tidak menimbulkan ighra’

Melanjutkan poin ketujuh, di poin kedelapan akan membahas komisi yang tidak boleh menimbulkan unsur ighra’. Ighra’ adalah memberikan iming-iming atau janji-janji manis yang berlebih-lebihan. Ketentuan DSN MUI dalam fatwa ini, sebenarnya lebih merupakan panggilan atau control moral. Di dalam dunia tasawwuf ada istilah hubbub dunya atau thuulul amal. (cinta dunia – banyak berangan-angan). Dua sifat ini merupakan ahlak yg tidak baik karena akan membuat seseorang terlena dengan kehidupan dunia dan lalai terhadap kehidupan akhiratnya.

IMG_4846

Sebenarnya Ighra’ dalam batas tertentu bisa jadi merupakan hal yg positif, karena dengan adanya ighro, iming-iming atau insentif yang dijanjikan, seseorang akan termotifasi untuk melakukan suatu pekerjaan atau untuk bekerja lebih keras. Tanpa ada motifasi maka manusia akan cenderung bermalas-malasan, hanya saja motifasi itu tidak boleh berlebihan. Ini menjadi PR bagi para pelaku MLM, bagaimana agar motifasi yg diberikan kepada membernya dilakukan secara wajar, tidak berlebih-lebihan. Sebenarnya tindakan beberlebih-lebihan itu terlarang dalam apa saja, ibadah seperti sholat dan shaum pun jika dilakukan secara berlebihan juga dilarang, mislanya sholat sunnah 1000 rakaat setiap malam, dan shaum sepanjang tahun tanpa istirahat. Jadi pengertian berlebihan dalam memberikan iming-iming ini bersifat universal, tidak hanya dalam industry MLM, dan masih bersifat relative – normative.

IMG_4892

Jadi saat di bisnis MLM, biasanya ighro ini akan terlihat pada saat presentasi mlm, comtohnya, saat anda di ajak ke presentasi MLM, anda akan menemukan janji janji penghasilan muluk, janji janji kualitas hidup sempurna, memiliki kapal pesiar, pesawat, bisa membeli jalan sendiri sehingga orang lain tidak bisa memakainya, dan yang paling parah selalu memiskinkan orang di luar golongan mereka. Janji-janji manis yang berlebihan menimbulkan sifat sombong dan merendahkan orang non MLM, walau kenyataanya para member tersebut masih baru dan bahkan membeli makanpun dari hasil MLM belum bisa. Karena itu, ada baiknya kita menghindari janji muluk yang memberikan gambaran yang sangat jauh dari kenyataanya, dan paling parah dapat menimbulkan sifat sombong.

Satu pemikiran pada “Syarat mlm halal poin kedelapan komisi kepada anggota tidak menimbulkan ighra’

  1. Ping balik: Syarat mlm halal kesembilan Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus | jildhuz

Berikan Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s