Syarat mlm halal poin ketiga “Tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat”

IMG_4827Melanjutkan dari artikel poin kedua tentang produk yang di jual harus halal maka kita membahas poin ketiga. Dalam point ke tiga ini fatwa menjelaskan adanya 6 point yang terlarang dalam setiap industry MLM. Larangan tersebut adalah

1. Larangan gharar
gharar adalah setiap transaksi yang tidak jelas, atau bahkan mengandung unsur penipuan secara sengaja. Ketidak jelasan mungkin terjadi pada harganya, jenis atau spesifikasi barang yang diperjual belikan, ukuran atau takarannya, ketidak jelasan hasilnya, ketidakjelasan atau ketidakpastian serah terima barang yg diperjual belikan, atau tidak jelas atas efek apa yang akan muncul dari transaksi tersebut, dan ketidak jelasan ini mengandung unsur khathar (bahaya/resiko) bagi sebagian atau seluruh pihak.Yakni ketidak jelasan atau penipuan mengacu pada hadits point d(Abul Hasan Muslim bin hajjaj alqusyairi an nasisaburi (wafat 261 H) , Sohih muslim, editor Muhammad Fuad Abdul baqi, Daaru ihyaut turaats, Beirut, Jilid III, hal 1153, hadits ke 1513.) yaitu Rasul melarang jual beli dengan system melempar batu dan jual beli gharar.

IMG_4830

2.Larangan maysir
mengacu kepada QS 5:Maysir atau perjudian, adalah segala bentuk transaksi yang mengandung unsur untung-untungan, taruhan, yang ketika akad itu terjadi hasil yang akan diperolehnya belum jelas, dalam transaksi tersebut akan ada sebagian pihak yang diuntungkan dan sebagian pihak yang dirugikan.

3.Larangan unsur riba
mengacu QS 2:275. Secara umum Riba dapat kita kelompokkan menjadi dua macam, yaitu Riba Nasi’ah dan Riba Fadl.

A.Riba Nasiah ربا النسيئة
Nasi-ah artinya penundaan, yaitu Riba yang terjadi dalam suatu suatu transaksi karena adanya unsur penundaan, baik yang terjadi dalam jual beli maupun dalam transaksi hutang piutang. Riba Nasi-ah merupakan jenis riba yg populer pada jaman jahiliyah.

Contoh Riba Nasi-ah yang popular adalah riba yang terdapat dalam Qardl (hutang piutang) yaitu seseorang memberikan qordl kepada pihak lain sejumlah uang dalam tempo yg disepakati, dan pihak mustaqridl (orang yang berhutang) harus membayar pada waktu yg disepakati dg sejumlah tambahan tertentu sesuai dg waktu yang disepakati pula.

Riba inilah riba yg diharamkan oleh Al-Quran Riba ini pada dasarnya terjadi pada aqad qardl, akan tetapi dia juga bisa terjadi dalam akad jual beli seperti orang yang menjual/menukar emas dengan emas tetapi satunya diserahkan saat akad, dan satu lagi diserahkan 3 bulan setelah akad.

2.Riba Fadl ربا الفضل
Fadl artinya kelebihan, yaitu riba yang terjadi dalam suatu transaksi pertukaran atau jual beli, di mana penjual dan pembeli melakukan akad jual beli antara barang yang sama (sejenis) tetapi terdapat perbedaan kwantitas. Riba Fadl adalah jenis riba yang diharamkan melalui hadits nabi, contohnya yaitu apabila seseorang menukar gandum dengan gandum tetapi tidak sama ukurannya.

Hanya saja dalam hal ini terdapat perbedaan apakah riba fadl berlaku pada jenis harta tertentu yang disebutkan dalam hadits, atau juga berlaku pada jenis harta lain yang dapat dikiaskan dengan yang disebutkan dalam hadits, jika dilakukan qias, apa yang menjadi ‘illat atau standar dalam melakukan qiyas.

Hadits yang dimaksud dalam hal ini adalah :

– قَالَ أَبُو بَكْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَبِيعُوا الذَّهَبَ بِالذَّهَبِ

إِلَّا سَوَاءً بِسَوَاءٍ وَالْفِضَّةَ بِالْفِضَّةِ إِلَّا سَوَاءً بِسَوَاءٍ وَبِيعُوا الذَّهَبَ بِالْفِضَّةِ وَالْفِضَّةَ بِالذَّهَبِ كَيْفَ شِئْتُمْ .

Dari Abu Bakrah ra berkata: Rasulullah saw bersabda Janganlah kamu jual mas dengan mas kecuali sama ukurannya, dan janganlah (kamu jual) perak dengan perak kecuali sama ukurannya. Dan jualllah mas dengan perak atau perak dengan mas sesuai kehendakmu HR Bukhari.

4.Larangan dzulm
kezaliman (dzulm) adalah menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya, memberikan sesuatu tidak sesuai ukuran, kualitas dan temponya, mengambil sesuatu yang bukan haknya dan memperlakukan sesuatu tidak sesuai posisinya. Kezaliman dapat menimbulkan kemudharatan bagi masyarakat secara keseluruhan, bukan hanya sebagian; atau membawa kemudharatan bagi salah satu pihak atau pihak-pihak yang melakukan transaksi.

IMG_4821

5.Larangan unsure dzarar (yang membahayakan) mengacu pada hadits poin b yaitu sabda rasul :Tidak boleh membahayakan diri sendiri maupun orang lain. (Ibnu majah, Abu abdillah Muhammad bin yazid alqazwini, (wafat 273H), Sunan Ibnu MAjah, editor Muhammad Fuad Abdul Baqi, Dar Ihyaul kutub alrabiyah, Juz II, hal 784, hadits ke 2340.)

6.Larangan maksiat
mengacu kepada kaidah umum dalam Islam yg sudah sangat jelas.

Jadi intinya jika ada 6 unsur tersebut di mlm, maka kehalalanya di nyatakan gugur, atau bisa lari ke haram. Dan untuk mempermudah dengan penalaran antara 6 unsur yang harus di hindari dengan bentuk mlm mali lihat ikustrasi dibawah ini

Dalam industri MLM kemungkinan adanya unsur riba dan maysir terletak pada system pembagian bonus atau marketing plan, bukan terletak pada produknya, hal ini tidak mudah bagi masyarakat untuk mengetahui apakah marketing plan MLM tersebut mengandung unsure riba dan maysir atau tidak.

Sedangkan unsur gharar (ketidak jelasan atau penipuan) bisa terdapat dalam produk maupun marketing plan. Seperti overclaim produk mlm yang di statuskan sebagai suplemen biasa, tetapi di klaim sebagai obat segala macam penyakit. Hal ini di dukung oleh testimonial testimonial tanpa pertanggung jawaban, padahal obat yang ampuh harus di buktikan oleh rilis melalui jurnal ilmiyah / penelitian penelitian ilmiyah yang mendukung.

IMG_4834
Dan tidak menutup kemungkinan karena produk yang overclaim tersebut seseorang jadi berharap lebih pada harapan kosong, penipuan dengan overclaim produk ini tanpa sengaja menzalimi seseorang, (unsur dzulum).

IMG_4824
Overclaim produk mlm yang berlebihan juga dapat membahayakan seseorang, bayangkan saja, seseorang yang sakin pengapuran sendi, suruh minum suplemen tinggi kalsium dari mlm T, padahal secara logika pemberian kalsium pada kondisi pengapuran tidak di benarkan, atau propolis dari berbagai mlm contohnya mss(melia sehat sejahtera) di sebutkan ampuh untuk gurah mata saat di teteskan ke mata langsung, padahal selain mengandung cairan tidak stiril dan tidak di khususkan untuk mata, propolis juga mengandung alkohol, bisa anda bayangkan mata anda terkena tetesan alkohol 70%? Ya perihnya sama seperti di tetesin propolis. Apa itu bukan unsur dzarar?

Saat di prospek mlm sering kali sang distributor mlm yang terpaksa menginginkan downline merelakan dirinya berbuat maksiat hanya demi sistem bonus di mlm, bisa lari juga kan ke unsur maksiat? Yah walau terdengar di besar besarkan, tapi ingat mlm kebanyakan memiliki suport sistem dan duplikasi leader, kebanyakan duplikasi inilah yang memaksa membernya menghalalkan berbagai cara demi tujuanya, dengan embel-embel sukses atau apa lah.

IMG_4898-0

Jadi masih kah yakin mlm anda tidak melakukan 6 unsur diatas?

16 pemikiran pada “Syarat mlm halal poin ketiga “Tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat”

  1. hmmm….ngomong2 masalah gharar, kyknya di toko2 modern tertentu pernah kejadian. Contoh, iming2 pendaftaran member dg “fasilitas” macam2 ternyata setelah daftar, anggota malah dikenai “kewajiban” tertentu yg kadang bikin repot

    Suka

    • Nah kalo itu emang bener bro, banyak sekarsng toko toko gitu, mending di tanya ada syarat dan ketentuan gak?mkadang ada bintang kecilnya

      Kalo di mlm sampe jerengan juga gak bakalan ada bintang kecilnya, ngoahahah

      Suka

  2. Ping balik: Syarat mlm halal poin keempat “tidak ada mark-up harga” | jildhuz

    • Yoha, ini kan bahas versi dsn mui, jadi dsn mui mengupas 12 poin kalau mlm itu halal gmn

      Kalo akadnya sih, setau saya selama tidak di jelaskan apa aja hak dan kewajiban member, namanya 2 akad dalam 1 transaksi

      Tapi kalau di beri tahu kewajiban, hak, dll secara jujur maka bisa di bilang akad dan transaksinya sudah sesuai dan sah, cuma balik lagi akad terpenuhi juga gak bikin mlm halal,

      Barang real aja gak cukup, ada barang kalo cuma kedok, sama aja haram sih, itu menurut mui

      Nah balik lagi ke pernyataan keuntungan yang awal join merugikan yang bawah kan entar di kupas di poin kelima

      Makanya saya kupas satu satu, dan biar masyarakat tahu kalau mlm itu lebih banyak bobroknya daripada baiknya, dah sampe poin 4 aja banyak mlm gak lolos, apa lagi sampe poin ke 12

      Ngoahahahah

      Makasih mampir om, entar saya bahas

      Saya bukan penyembah mlm loh, justru saya kontra, tapi gak membabi buta, semua harus obyektif

      Ngoahahha

      Suka

    • Wah kalo merek saya gak tau apa yah. Yang menurut dsn mui lolos ya seperti 12 syarat yang di sebutkan dsn mui. Anda harus mempelajari marketing planya. Terus anda juga harus memahami sistemnya, bagi bonusnya. Produknya. Harga jual produknya. Harga produk di pasaran dll.
      Cara simpelnya gini, mau tau mlm halal, selidiki masuk apli gak? Kalo masuk perusahaan mlm artinya legal, setelah itu kemudian baru seldiki ada sertifikasi syariah gak? Kalo ada baru anda selidiki apa benar mereka memenuhi 12 poin syaratnya

      Intinya masuk apli poin bukan money game pasti dah terpenuhi

      Suka

  3. boleh nanyak masalah MLM investasi emas pada PT Mas Alam Semesta y lagi marak saat ini, bagaimana menurut pandangan anda? terimaksih atas perhatiannya

    Suka

    • Investasi emasnya itu bagaimana dulu? Kita beli emas langsung di investasikan atau cari downline? Kalo cari downline baru dapet emas mah itu namanya money game, nanti saya coba ulas om, cari bahan materinya, di tunggu ya :d

      Suka

  4. Sy tertarik buat ikutan nanya..
    Skrg lg marak MLM dgn motif, kita sbg calon member keluar uang sekian juta rupiah, kmd kita dpt barang (bs berupa emas & voucher utk beli emas di tempat yg sama atau bahkan voucher ibadah yg gada batas waktunya). Nah setiap member yg bergabung jg di minta utk mencari member lg, hasil dr pencarian member, kita mendapat fee yg cukup lumayan nilainya (setau sy nilai fee-nya ada yg 500rb bahkan ada yg 1,5jt per 1 member yg kita dptkan)..
    Yg ingin sy tanyakan adalah, apakah fee yg di dpt dr hsl perekrutan member yg kita cari mgd unsur riba atau istilah lainnya yg diharamkan? Dan drmn perhitungan bs mendpt fee sbesar itu jg tdk dijelaskan.
    Terima kasih..

    Suka

    • Saya tanya dahulu. Kita join mlm dapet emas yg setara dengan uang pendaftaran gak? Harganya harus sesuai harga pasar loh yah. Misalkan 1 gram di pasaran 1 juta. Eh kita cuna dapet voucher diskon emas. Itupun gak senilai 1 juta. Kalopun bisa senilai 1 juta bahkan lebih Syaratnya berbelit belit. Kalo gt zonk namanya

      Karena harga produk yg di dapat tidak sesuai produk maka member di paksa cari downline. Dan uang dari cari downline itulah mereka mengambik untung dan sebagian kecil. 500rb / 1 juta larinya ke upline yg cari downline

      Suka

Berikan Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s